Cari Blog Ini

Memuat...
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Loading...

Rabu, 17 Maret 2010

PENGANTAR BISNIS

POLA KEGIATAN DUNIA BISNIS
Persoalan Yang dibahas:
1. Peranan keuntungan dalam mengembangkan kegiatan perusahaan.
2. Jenis-jenis faktor produksi dan peranan pengusaha dalam menggunakannya.
3. Sistem ekonomi dan ciri-cirinya.
4. Perbandingan pola kegiatan ekonomi dalam berbagai sistem ekonomi.
5. Penggolongan lapangan usaha dalam perekonomian.

Mengapa ada Perusahaan dan Dunia Bisnis?
Perekonomian modern merupakan perekonomian uang dengan salah satu ciri pentingnya adalah: setiap orang melakukan spesialisasi dalam pekerjaan dan memperoleh pendapatan. Dengan pendapatan ini mereka membeli barang dan jasa yang dibutuhkannya.

FAKTOR PENDORONG PERKEMBANGAN PERUSAHAAN
Adanya Permintaan merupakan dorongan pertama yang menyebabkan perusahaan dikembangkan.
Dorongan Kedua adalah keinginan para pengusaha untuk mendapatkan Pendapatan dan Keuntungan dari kegiatan memproduksi barang dan jasa.

BARANG DAN JASA DIHASILKAN DENGAN MENGGUNAKAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI
Kegiatan Perusahaan menghasilkan barang dan jasa memerlukan faktor-faktor produksi. Faktor-faktor produksi atau sumber-sumber daya dibedakan menjadi empat jenis yaitu:
1. Tanah dan Kekayaan Alam.
2. Modal.
3. Tenaga Kerja.
4. Kewirausahaan.

PERANAN PERUSAHAAN DAN PENGUSAHA SWASTA DALAM PEREKONOMIAN TERGANTUNG KEPADA SISTEM EKONOMI
Sistem Ekonomi dapat dibedakan kepada tiga bentuk:
• Sistem Pasar Bebas.
• Sistem Perencanaan Terpusat.
• Sistem Perekonomian Campuran.



SISTEM PASAR BEBAS
Sistem Pasar Bebas adalah perekonomian yang diatur oleh interaksi diantara para penjual dan pembeli di Pasar.
SISTEM PERENCANAAN TERPUSAT
Sistem Perencanaan Terpusat adalah sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi diatur oleh Pemerintah melalui Badan Perencanaan Pusat (Central Planning).
Pada masa lalu sistem ini digunakan dinegara-negara Komunis. Sekarang ini hanya Korea Utara dan Kuba yang menggunakan Sistem ini.
SISTEM EKONOMI CAMPURAN
Sistem Ekonomi yang banyak digunakan diberbagai negara didunia adalah Sistem Ekonomi Campuran.
Dalam Sistem Ekonomi Campuran perusahaan swasta sangat penting peranannya dalam melakukan dan mengembangkan kegiatan ekonomi.
Pemerintah berperan dalam bidang-bidang tertentu.

LAPANGAN USAHA DALAM PEREKONOMIAN
Kegiatan perusahaan dalam perekonomian dibedakan kepada berbagai lapangan usaha, yaitu: pertanian,pertambangan, industri pengolahan,pembangunan, penyediaan listrik,gas dan air, dan berbagai sektor jasa seperti: pengangkutan, perdagangan,jasa keuangan dll.

BENTUK BADAN USAHA DAN PERKEMBANGAN BADAN USAHA
Persoalan yang dibahas:
1. Bentuk Badan Usaha yang Utama
2. Beberapa Badan Usaha yang Lain.
3. Perusahaan Multi Nasional
4. Pengambilalihan, penggabungan,nasionalisasi,privatisasi, franchising.

PERUSAHAAN MILIK PERSEORANGAN DAN PERKONGSIAN
Dari segi jumlah perusahaan, perusahaan perseorangan dan perkongsian merupakan perusahaan yang paling banyak terdapat dalam perekonomian, termasuk di Indonesia. Kebaikan utama dari bentuk perusahaan ini adalah mudah didirikan, modal yang diperlukan tidak terlalu besar, pengelolaannya fleksibel dan rahasia tersimpan baik.
Untuk Perusahaan Perkongsian lebih banyak modal dapat dikumpulkan, keahlian lebih beragam dan umur perusahaan lebih panjang. Kelemahannya: pertanggungjawaban tidak terbatas, keahlian manajerial terbatas dan kelangsungan hidup perusahaan terbatas.

PERSEROAN TERBATAS
Perusahaan ini pada umumnya jauh lebih besar dari perusahaan perusahaan perseorangan dan perkongsian.Kebaikan terpenting dari perusahaan perseroan adalah tanggungjawab terbatas, modal mudah ditunaikan,lebih mudah memperoleh modal dan saham perusahaan dapat diperjual belikan. Terdapat pemisahan diantara pemilik (pemegang saham) dengan pimpinan perusahaan.

TIGA JENIS BADAN USAHA LAIN
Tiga jenis Badan Usaha lain yang terdapat dalam perekonomian adalah:
1. Perusahaan Pemerintah (BUMN).
2. Koperasi.
3. Badan Usaha yang kurang menekankan pada keuntungan.

Sebagian BUMN diorganisasi seperti perseroan terbatas, tetapi sebagian besar saham dimiliki oleh pemerintah. Oleh sebab itu pengaruh pemerintah terhadap kegiatan perusahaan masih sangat penting. Walaupun pemimpin-pemimpin Indonesia pada masa mencapai kemerdekaan menginginkan agar koperasi memegang peranan penting dalam menjalankan kegiatan ekonomi, pada kenyataannya perkembangan koperasi yang sebenarnya adalah lebih lambat dari yang diharapkan.

PERKEMBANGAN ORGANISASI PERUSAHAN
Dalam perekonomian yang berkembang, sebagian perusaaan juga mengalami perkembangan. Beberapa perusahaan di negara maju mengembangkan anak perusahaan dinegara lain. Perusahaan tersebut dikenal sebagai perusahaan multinasional (Multi National Coorporation). Ada perusahaan yang menjalin kerjasama dengan perusahaan lain dan mendirikan perusahaan baru.Perusahaan ini dinamakan perusahaan patungan (joint venture)

BEBERAPA KASUS LAIN DARI PERKEMBANGAN ORGANISASI PERUSAHAAN
Apabila suatu perusahaan bergabung dengan suatu perusahaan dan menjadi satu perusahaan baru, maka tindakan ini dinamakan merger atau penggabungan. Sedangkan perusahaan yang membeli perusahaan lain, tetapi mempertahankan entitas setiap perusahaan dinamakan pengambilalihan atau acquisition.Perusahaan yang diambilalih oleh Pemerintah dinamakan dinasionalisasi.
Sedangkan bagian dari suatu perusahaan yang dijual kepada pihak lain dinamakan divestasi. Suatu perusahaan yang memberi lisensi kepada perusahaan-perusahaan lain untuk beroperasi atas namanya diberbagai tempat dinamakan franchising.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar